Motifasi Hidup: Makna Al~Qur'an

Makna Al~Qur'an

Menurut bahasa, Al~Qur'an adalah baca'an atau yang di baca, sedangkan menurut istilah Al~Qur'an berarti kumpulan wahyu Allah yang di turunkan kepada Nabi Muhammad Saw, melalui perantara Malaikat Jibril . . . .

Kedudukan Al~Qur'an bagi umat manusia adalah sebagai sumber hukum yang pertama dan yang paling utama, artinya Al~Qur'an di jadikan rujukan atau tempat kembali bagi semua masalah yang terjadi di antara kita semua . . .

Sebagaimana pengarah dari Firman Allah yang maksudnya sebagai berikut:
"Hai orang~orang yang beriman, ta'atilah Allah dan ta'atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al~Qur'an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar~benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya" (An Nnisa 59)

Dari penjelasan Firman Allah tersebut sangatlah jelas bahwa Al~Qur'an sebagai sumber utama dalam menetapkan keputusan apapun itu, termasuk juga pedoman hidup manusia sepanjang masa, shingga isi kandungan Al~Qur'an selalu sesuai dengan apa saja yang terjadi di dunia ini . . .

Dan Al~Qur'an sendiri berisi tiga komponen dasar hukum, yaitu: . . . .

    【I】 Hukum yang berhubungan dengan masalah aqidah . . .
    【II】Hukum yang mengatur hubungan antara manusia dengan Allah . . .
    【III】Hukum yang mengatur hubungan antara manusia dengan sesama dengan lingkungan sekitar atau di sebut hukum syara atau hukum amaliyah . . .

Pada intinya dari semua itu adalah bahwa di dalam Al~Qur'an sudah mencakup semua kehidupan manusia, dan sudah selayaknya pula kita selalu berpegang teguh dan menjadikan Al~Qur'an sebagai pedoman yg Agung..