Motifasi Hidup: Tamu Agung Malam Qodar

Tamu Agung Malam Qodar

Lailatul Qodar, adalah malam Final tentang Takdir manusia, sebagaimana pada bulan sebelumnya, yaitu Nisfu Sya'ban, malam pengangkatan buku catatan Amal lalu di tentukan lagi Takdir Manusia, selama proses penentuan Takdir, kita menunggu hingga Bulan Ramadhan dan tibanya tepat pada Malam Lailatul Qodar, para Malaikat turun lagi ke bumi untuk menentukan Takdir dan memberikan keputusan dari Allah...

Di dalam Bulan Ramadhan kita di hadapkan pada kewajiban Puasa, lalu di iringi dngan berbagai perbuata yang baik, dan Allah memberikan kesempatan untuk hal itu dengan membelenggu Syetan.

Berdasarkan catatan yang di angkat, tentu dosa-dosa kita tidaklah sedikit, sehingga Allah memberikan kesempatan pada kita untuk memohon Ampun dan memperbaiki selama tenggang waktu hingga tiba Malam Lailatul Qodar..

Hal ini berdasar dari Qs Ad Dukhan 04 <> Fiha Yafroqu Kullu Amriin Khakimiin <> "Di Malam Itu Di Jelaskan Segala Urusan Yang Penuh Hikmah"

Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa penulisan takdir di Lauh Mahfudh dalam setahun akan di rinci di malam Lailatul Qodar, juga akan di catat ketentuan Ajal, Rizki, demikian di riwayatkan dari Abdullah Bin Umar, Abu Malik, Mujahid, dan Ulama lainya.

Kita di beri kesempatan untuk memohon ampun kepada Allah agar dosa-dosa kita di ampuni dan di berinya Nasip yang baik di jelaskan dalam hadis yang di riwayatkan Abu Hurairah r.a. yang maksudnya demikian: "Barangsiapa yang meaksanakan sholat di malam Lailatul Qodar karna Iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu di ampuni" (Hr Muslim)

Sudah tentu apabila Allah mengampuni maka Nasip kita ka berubah lebih baik dari sebelumnya, karna kita semua tau bahwa penyebab Nasip sial, Rejeki seret, Sulit jodoh, dll adalah karna dosa-dosa yang di lakukanya sendiri..

Pada malam yang agung tersebut, kita kedatangan Malaikat yang bertugas menyampaikan keputusan dari Allah, dan mereka para Malaikat mendatangi rumah-rumah kita kaum Muslim...

Akan tetapi para Malaikat pembawa Rahmad tersebut tidak begitu saja masuk rumah, mreka tidak akan masuk dan memberikan Rahmad atau keputusan dari Allah apabila di dalam rumah terdapat sesuatu yang di larang, sebagaimana yang Rasulullah sebutkan yang yaitu:

"Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, juga tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar patung" (shohihul-jami 7262)

Kita mesti memperhatikan bahwa kedatangan Malaikat pada malam Lailatul Qodar adalah dalam misi yg sangat peting, shingga kita mesti menjaga rumah sebaik mungkin agar jangan ada benda dan binatang yang terlarang tersebut..

Sedangkan tanda-tanda kita mendapatkan keputusan yang baik malam Lailatul Qodar adalah, Nasip, Rizki, Kehidupan dll kita lebih baik dari sebelumnya, dan ibadah pun menjadi lebih baik dari sebelunya, yang demikian ini adalah tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu Wata'ala, dan juga berkat usaha kita menjauhi larangan-larang yang telah di tentukan..

Demikian sedikit Tausyiah semoga bermanfa'at dan bisa di mengerti...