Motifasi Hidup: Fenomena HP Sudah Di Ketahui 500 Abad Yang Lalu

Fenomena HP Sudah Di Ketahui 500 Abad Yang Lalu

Fenomena Handphone yang biasa kita kenal HP, semua orang tau bahkan anak kecil dan orang yang sudah tua pun kenal dengan yang namanya HP..


HP bisa menjadi sarana Ibadah jika di gunakan di jalan Allah, namun HP juga bisa menjadi ladang dosa bila di gunakan pada hal yang terlarang oleh Agama, terutama bila di gunakan di media sosial semacam Facebook, Whatshapp, BBM, Line dan lain sebaginya..

Sangat jarang seseorang yang berada di media sosial tersebut bisa selamat dari yang namanya Ghibah, Riya, dan Sombong, apalagi untuk baca berita Online, kebanyakan isinya cuma membicarakan oranglain, dan membongkar AIB oranglain saja.. Naudzubillaah..

Bahkan yang lebih konyol lagi, hanya karna HP banyak rumahtangga berantakan,sudah punya pasangan mengaku singgel, yang singgel tanpa ada rasa malu menggoda-goda lawan jenis, dan tak sedikit pula hanya karna HP kesucian melayang...

Sebenarnya HP sudah di ketahui sejak dulu baik dalam Al-Qur'an maupun dalam Hadis, bisa di lihat di Hadis Ahir Zaman, namun di kalangan orang jawa juga HP sudah di ketahui sejak zaman wayang, cuma kebanyakan hanya meraba-raba saja tentang maksudnya..

Sekitar 500 Abad yang lalu seorang Resi memberinya nama "CUPU MANIK ASTAGHINA" yang artinya kuranglebih demikian:

Cupu= Tempat
Manik= Melihat Isi Dunia
Asta= Tangan
Ghina= Manfa'at

Jika di rangkai menjadi "TEMPAT MELIHAT ISI DUNIA YANG TEMPATNYA BERADA DI TANGAN YANG BERMANFA'AT"

Itulah dia Handphone..

Sebenarnya HP itu bermanfa'at, tetapi bila keberada'anya hanya untuk ladang dosa bagi pembawanya maka ia berubah fungsi yang semula bermanfa'at menjadi tidak bermanfa'at..

Di cerita wayang "Cupu Manik Astagina" di gambarkan bukan berupa HP akan tetapi berupa wadah yang isinya air kehidupan yang berasal dari permata permata mendung. Dalam air kehidupan itulah berada jagad raya sebelum dirusak oleh dosa manusia, di dalam air kehidupan itu jiwa jiwa ilahi hidup dalam keseimbangan serupa keindahan aneka warna.

Cerita intinya hampir sama, baik dalam Al-Qur'an mapun Hadis ataupun dalam pewayagan, cuma beda penjabaranya saja. kita bisa berfikir tentang isi HP apalagi GPSnya kita bisa melihat peta atau foto satelit Negara mana saja beserta rumahnya pun kelihatan..

Apalagi yg canggih semacam Android bisa untuk Vidio Call, bisa untuk melihat teman Call di Negara manapun..

Niat pembuat HP sebenarnya baik sebagaimana kalimat GHINA, cuma yang menjadikan tidak baik adalah pemegangnya itu sendiri..

Demikian kisah "CUPU MANIK ASTAGHINA" mari kita gunakan HP sebagaimana nama aslinya yaitu untuk hal yang bermanfa'at karna Al-Qur'an dan Al-Hadis sudah menceritakan mengenai hal ini, dan di dalam kedua Kitab tersebut sudah di jelaskan mana yang boleh dan mana yang tidak tentang menjalani hidup, sedangkan ancamanya juga ada yaitu NERAKA begitu pula imbalanya bila berbuat baik maka SYURGA adalah tempatnya..

Semoga bermanfa'at..

Share Ke FB => SHARE