Motifasi Hidup: Larangan Yang Terlarang

Larangan Yang Terlarang

Yang di sebut Ahlaq terbaik adalah apabila menjauhi apa-apa yang di larang Agama serta  menjauhinya, di antara Ahlaq terbaik yang mesti di lakukan adalah berkaitan dengan oranglain terutama berburuk sangka...

Rasulullah s.a.w. sang teladan Umat sangat melarang Umatnya untuk melakukan perbuatan buruk sangka, menggunjing/misoh, dan meneliti kesalahan oranglain..

Sesungguhnya Rasulullah S.a.w. menerangkan dalam Sabdanya yang di riwayatkan oleh Abi Hurairah r.a:

"Takutlah kamu terhadap prasangka. sebab sesungguhnya prasangka adalah se dusta-dustanya pembicara'an, janganlah kamu mencari-cari dan meneliti kesalahan ranglain, janganlah kamu saling mendengki, janganlah kamu saling membenci dan janganlah kamu saling membelakangi, jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara sebagaimana Allah telah memerintahkan kepadamu. Orang Muslim adalah saudara Muslim lain, tidak saling mendzalimi, tidak saling merendahkan dan tidak saling menghina. Takwa adalah di sini, Takwa adalah di sisi" sambil Rasulullah menunjuk ke arah dada, kemudian Beliau melanjutkan Sabdanya "Cukup keburukan bagi seseorang dengan menghina saudaranya sesama Muslim. setiap Muslim adalah haram atas Muslim yang lain akan darah, kehormatan dan hartanya. sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuhmu dan rupamu, tapi Allah melihat hatimu"

Ini adalah Hadis perintah dan larangan, namu lebih sering seseorang seolah mengabaikan dan menganggap basi sebuah Tausyiah atau perkata'an Hadis, sehingga tidak perduli dengan semua ini..

Itulah orang yang sudah di tutup hatinya dan di tutup ma'rifat hatinya, sehingga ia slalu mengerjakan perbuatan buruk sebagaimana yang di larang dalam hadis di atas, Naudhzubillaah..

Sebagai seorang Muslim yang benar-benar inginkan kehidupan yang baik serta bertambahnya Ilmu sehingga bisa menggapai Syurga, maka mesti mempelajari dan berangan-angan tentang dirinya, apakah yang di larang dalam hadis tersebut prnah di lakukan, bila pernah maka ia mesti memperbaiki dan menjaga jangan sampai melakukanya..

Apa-apa yang di larang dalam Islam adalah hal yang pasti berbuah keburukan baik di dunia maupun Ahirat, apalah arti hidup cuma sekali jika tidak baik-baik menjaga, karna setelah kematian tidak akan ada lagi kesempatan, yang ada hanyalah tinggal penyesalan..

Slagi masih hidup, slagi masih bisa melakukan kebaikan, marilah kita gunakan kesempatan sebaik mungkin, dan semga Allah menunjukan kita ke jalan yang baik.. Aamiin...